Wednesday, July 28, 2010

Membenahi Sistem Informasi Nasional Dengan Anggaran 1 Triliyun

Jika saya diberi amanat berupa anggaran sebesar 1 triliyun untuk memperbaiki struktur sistem informasi nasional, yang saya lakukan antara lain :

1. Membentuk badan khusus operasional IT untuk mengoperasionalkan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan sistem informasi negara.

2. Dan saya akan membentuk badan khusus pengawas bidang IT yang mengawasi badan khusus operasinal IT agar tidak terjadi kecurangan data, tentunya dengan menyaring SDM yang berkualitas sesuai bidangnya.

3. Dan saya juga akan membenahi e-goverment agar reformasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di mana transparansi kebijakan dan pelaksanaan otonomi daerah akan makin mudah dikelola dan diawasi karena Masih terlalu banyak persoalan dalam pengembangan E-Government, bukan hanya sekedar Sistem Informasi Nasional dan aksi riil justru lebih banyak ditunjukkan oleh daerah melalui komunikasi terbatas antar dua atau beberapa pengelola E-Government daerah.

4. Membangun sebuah jaringan komputer InterNet yang menggunakan standard protokol TCP/IP yang memungkinkan berbagai information superhighway (ratusan Mbps) untuk berintegrasi bermacam jenis komputer bahkan dengan jaringan packet radio yang telah berkembang di Indonesia. Mengingat TCP/IP adalah protokol yang terbuka, kami menghimbau penggunaan protokol TCP/IP sebagai standard dalam pengembangan infrastruktur informasi nasional. Sebagian besar teknologi TCP/IP bahkan sudah dapat dibuat dan dikembangkan sendiri di Indonesia dengan dimotori oleh rekan-rekan di ITB.

5. Pembangunan infrastruktur sistem informasi nasional yang bersifat multisektoral dan melewati batas departemental sehingga sangat memudahkan koordinasi antar departemen. Hal ini membuka kemungkinan kemudahan akses berbagai information server multisektoral. Tidak mustahil, timbul sebuah standard Geographics Information System (GIS) nasional yang mudah diakses - yang merupakan bagian cukup penting sebuah sistem informasi nasional yang sangat strategis untuk pembuatan kebijakan nasional yang sifatnya multisektoral dan multidisiplin.

**Semoga dana-nya tidak dikorupsi sehingga semuanya dapat terealisasi...Amin

0 comments:

 
Header Image by Colorpiano Illustration