Wednesday, July 28, 2010

Keberadaan Google Apps

Google merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang ada sekarang ini. Google selalu berpacu dari mesin-mesin pencari lainnya seperti misalnya Yahoo dan yang lainnya. Sekarang ini Google telah cukup lama meluncurkan sesuatu yang baru yaitu “Google Apps”. Apa itu Google Apps? Dengan Google Apps, kita dapat memberikan account Gmail (yang biasanya sebatas 50 orang) kepada anggota organisasi yang menggunakan nama domain kita, sebagai pengganti @gmail.com dalam alamat email kita. Banyak fitur-fitur yang juga tersedia di Google Apps itu sendiri, misalnya dilengkapi dengan perangkat kolaborasi dokumen waktu-nyata atau GoogleDoc (yang kemarin gw dan teman-teman gw pelajari waktu kuliah Knowledge Management), GoogleCalendar, dan banyak lagi. Google Apps memberikan penawaran untuk kuota masing-masing account email disediakan 2 GB dan layanan itu semua dapat kita dapatkan GRATIS tanpa harus membayar sedikit pun.

Google Apps :Google Apps sendiri merupakan seperangkat fasilitas yang diberikan oleh Google untuk hosting beberapa produk terutama untuk hosting e-mail. Apa itu hosting e-mail? Hosting e-mail artinya adalah kita menaruh lalu lintas data e-mail di server tersebut. Jadi space atau hardisk dan bandwith menjadi tanggung jawab perusahaan server yang menyediakan hosting e-mail tersebut. Google Apps muncul dengan menawarkan hosting e-mail yang gratis dengan kapasitas yang cukup besar. Dengan menggunakan hosting email dari Google Apps sendiri kita akan mempunyai domain sendiri dengan alamat domain sendiri misalnya seperti : lolyta@ui.com. Saat ini Google Apps memiliki 3 jenis layanan yaitu Standard dan Education Edition (diberikan gratis dengan kapasitas per akun email hingga 6,5GB) , Premier Edition (dengan harga $50 USA per akun e-mail per tahun dengan kapasitas hingga 25 GB).

Fitur-fitur Google Apps :Google Apps tidak hanya bekerja dalam bidang hosting e-mail, banyak fitur-fitur yang juga ditawarkan oleh Google Apps itu sendiri, misalnya Google Docs, Google Calendar, dan lainnya.Google Docs : Google Docs merupakan sebuah program pengolah kata dan spreadsheet berbasis Web yang membuat kolaborasi menjadi lebih efisien. Dokumen Google akan membuat dokumen tetap online agar orang lain dalam organisasi kita dapat langsung mengedit dan memperbaharuinya secara bersamaan langsung dari browser mereka. Beberapa orang juga dapat melakukan perubahan secara bersamaan dan melihat hasil edit pengguna lain secara real time. Setiap versi akan disimpan secara otomatis sehingga kita bisa melihat siapa yang melakukan perubahan atas dokumen tersebut dan kapan perubahan tersebut dilakukan. Seperti layanan Google berbasis Web lainnya, tidak ada perangkat lunak terpisah yang harus di-download atau diinstal. Anda hanya memerlukan komputer yang tersambung ke Internet dengan browser standar untuk menggunakan Dokumen.

Tips Hosting Google Apps

1. Sebelumnya, Anda harus punya domain (alamat web) milik sendiri terlebih dahulu dan hosting untuk website Anda. Disarankan untuk menggunakan hosting yang memiliki kontrol panel mudah seperti CPanel.

2. Daftar dulu di www.google.com/a/, pilih yang Standard Edition atau dan Education Edition. Jika Anda perusahaan besar dan ingin hosting skala besar, pilih Premier Edition.

3. Anda akan diminta untuk verifikasi kepemilikan, gunakan metode upload file yang di dalamya berisi kode tertentu yang diberikan.

4. Anda akan diminta mengubah record MX dari kontrol panel hosting Anda yang berguna untuk mengarahkan lalu lintas data e-mail ke Google Apps. Tanyakan ke admin server jika tidak tahu di mana letak MX ini. Jika Anda memiliki Web Hosting Manager (ini biasanya dimiliki admin server), setting MX akan lebih mudah. Cara mengubah MX bagi pemilik WHM ada di http://www.google.com/support/a/bin/answer.py?answer=33352&ctx=sibling.

5. Dari kontrol panel pengelolaan domain di Google Apps, arahkan alamat akses e-mail dengan alamat web sendiri, misalnya http://mail.jakarta.com. Setelah itu, minta kepada admin server untuk mengubah DNS Zone ke alamat tersebut.

6. Jika segalanya sudah selesai di-setting, maka tinggal menunggu waktu propagasi atau penyebaran Domain Name System (DNS) yang diperkirakan selesai selama 24 jam. Kadang-kadang bisa langsung diakses memang, tergantung kondisi internet saat itu.

0 comments:

 
Header Image by Colorpiano Illustration